Minggu, 13 Oktober 2013

Jejaring Sosial untuk Bisnis Bunda


Di Indonesia saat ini tercatat kurang lebih 20 juta pengguna internet.  Bagaimana memanfaatkan hal ini untuk memperlebar bisnis?  Banyak cara untuk  mengembangkan bisnis melalui internet.  Mulai pasang iklan, chatting, mailing list, dan yang terbaru adalah jejaring sosial. 
Menurut Wikipedia jejaring sosial adalah media online yang dibangun untuk menjembatani hubungan
antar manusia, dimana mereka bisa berbagi minat & kegiatan sehari-hari .  Jejaring sosial merupakan kembangan yang paling menjajikan untuk memajukan bisnis, apapun jenis bisnisnya.  Banyak hal yang bisa dilakukan melalui jejaring sosial, misalnya menyampaikan informasi bisnis secara update, menampilkan foto-foto produk, membangun brand & image produk serta pemilik bisnis, memudahkan komunikasi antara pemilik bisnis dan konsumen,  memudahkan menambah konsumen atau relasi baru, dan yang paling menguntungkan media ini bisa dimanfaatkan secara gratis.
Berikut ini beberapa contoh media jejaring sosial yang terkenal :

1.  Friendster
merupakan jejaring sosial yang booming untuk pertama kali.  Friendster menyediakan fasilitas berbagi foto dan blog.  Bunda bisa memanfaatkan fasilitas berbagi foto untuk menampilkan foto-foto produk dan blog untuk menjelaskan lebih detail tentang produk dan aktivitas bisnis maupun kegiatan sehari-hari

2. Facebook
Merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.  Sampai saat ini pengguna Facebook di Indonesia mencapai 2 juta.  Hampir sama dengan Friendster,  Facebook juga menpunyai fasilitas berbagi foto dan notes. Keunggulan Facebook adalah adanya fasilitas berbagi link dan chatbox.  Misalnya Bunda sudah mempunyai website,  Bunda bisa membagikan informasi mengenai website tersebut di akun Facebook Bunda.  Fasilitas chatbox Facebook mempermudah Bunda untuk berkomunikasi dengan konsumen atau relasi.

3.  Twitter
jejaring sosial kedua yang terpopuler setelah Facebook.Twitter memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi pesan teks, link, dan foto.  Pesan di twitter  hanya dibatasi sampai 140 karakter saja dan foto hanya bisa dibagikan satu per satu (tidak berupa album seperti pada Friendster & Facebook).   Twitter bagus untuk  membangun brand.  Bunda bisa membuat akun Twitter sesuai merk produk,  dan membuat merk produk menjadi trending topic di Indonesia atau dunia dengan fasilitas hash tags.  Bunda pun bisa berbagi info ketika ada peluncuran produk baru atau pada saat ada produk diskon ;-)

4. Pinterest
adalah virtual pinboard dimana Anda bisa mem-post foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Semisal kategori ' food and drink ' dimana berisi foto dan gambar makanan dan minuman yang Anda sukai. Anda juga bisa memfollow akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mem-follow pemilik pinboard.

5. Aplikasi Foto (Instagram, Flickr)
Jejaring sosial seperti instagram dan flickr saat ini juga banyak dilirik oleh pebisnis online karena kemudahan untuk mengupload banyak foto produk dan user juga dapat memberikan komentar dengan mudah dan cepat. Cantumkan alamat instagram atau flickr pada website, agar calon pelanggan dan pelanggan dapat mengetahui produk-produk terbaru yang terdapat di toko online bunda.

5.Linkedin
Siapa bilang Linkedin hanyalah jejaring sosial untuk kaum professional? Bagi bunda yang bergerak di bidang bisnis online, linkedin dapat digunakan sebagai tempat untuk memajang profile sebagai pebisnis professional. Dengan keberadaan bunda di Linkedin, bukan tidak mungkin ajakan berbisnis akan datang dari beberapa pihak, terutama bagi orang-orang yang tertarik untuk menjadi investor. Kegunaan lainnya? Linkedin akan memperluas jaringan dengan berbagai kalangan, oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan ini untuk melakukan promosi; terutama jika produk bisnis online bunda ditujukan untuk segmen kaum professional.

Usahakan setiap hari mengupdate akun jejaring sosial yang Bunda punya supaya bisnisnya semakin dikenal.
Selamat mencoba ;)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar