Kamis, 16 Januari 2014

Tips Mengatur Waktu Untuk Ibu Rumah Tangga


time manajemen
Bunda merasa selalu kehabisan waktu dan tidak bias melakukan apa yang dijadwalkan? Apakah Bunda selalu merasa bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri alias “me time”?atau apakah Bunda merasa waktu habis hanya untuk mengurusi satu macam pekerjaan saja, misalkan mengurus rumah?
Bila jawaban dari pertanyaan di atas adalah YA…mari kita tos duluu..hehe… saya sendiri pernah mengalami situasi seperti itu. Seolah-olah terjebak dan tenggelam dalam pekerjaan rutin rumah tangga hingga tidak sempat mengurus bisnis online saya secara optimal atau sekedar melakukan hal-hal yang saya suka saat me time.

Naah…bila Bunda merasa di situasi seperti saya dulu, maka sudah saatnya untuk mengubah hidup Bunda dan mulai menghabiskan waktu  dengan bijaksana dan efisien. Kita harus berjanji pada diri kita sendiri bahwa akan menjadi lebih terorganisasi dan fokus pada tujuan dan akan menggunakan waktu untuk kebaikan Bunda sendiri.

Ada beberapa tips yang berguna untuk mengatur waktu :

1. Menguasai daftar hal-hal yang harus dilakukan (to-do lists) dan membuat prioritas

To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, Bunda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Tugas yang berulang dapat direncanakan untuk hari-hari tertentu di mana Bunda memiliki waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.
Sebuah rencana yang baik dan akurat dapat memberikan anda kontrol yang besar dari waktu Bunda. Bunda harus menyadari apa yang terpenting dan menempatkannya pada urutan atas di daftar. Ini adalah mengatur prioritas.

Kategorikan to-do list berdasarkan jenis nya, misal; to-do list domestic (mencuci, memasak, beberes rumah dll), to-do list bisnis (membuat promosi online, mengirim pesanan, meeting dengan partner bisnis, dll.). Kemudian masing-masing buat maksimal 5 daftar ‘top 5 list’ untuk memudahkan kita menempatkan prioritas yang paling penting untuk segera diselesaikan. 

2. Buat rencana SMART (Specific-Measureable-Achievable-Reasonable-Timeline)

Rencanakan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga Bunda akan lebih santai menjelang akhir minggu dan sebelum akhir pekan. Tugas yang sulit lebih baik dijadwalkan di awal minggu (Senin atau Selasa), sementara tugas-tugas yang lebih mekanis atau rutin di sekitar pertengahan minggu, dan mendekati akhir minggu (Kamis dan Jumat) waktu anda bisa sedikit lebih bebas dan santai karena di kedua hari ini telah menumpuk kelelahan dan stres sebagai akibat dari pekerjaan di hari-hari sebelumnya. Rencanakan dengan spesifik, kapan, berapa lama, tujuannya apa, mau hasil akhirnya seperti apa, kemudian evaluasilah untuk membenahi yang kurang dan meningkatkan kegiatan yang menghasilkan.

3. Kenali waktu produktif

Normal aja lho… kalau produktivitas Bunda tidak sama sepanjang waktu. Ada saat-saat dimana lebih produktif sementara di saat lain menurun karena berbagai alasan, misalkan keasikan nemenin anak main :p.Temukan periode waktu dimana Bunda lebih produktif dan di saat tersebut cobalah untuk menangani tugas yang paling sulit.

Misalkan seperti saya, waktu yang paling produktif adalah saat dimana si kecil tidur, yaitu tidur siang ( jam 12.00 sd 15.00) dan tidur malam ( mulai jam 21.00). Tugas yang paling banyak menyita waktu dan konsentrasi adalah membuat materi untuk posting-an blog dan menambah asesorisnya, misalkan mengedit foto, layout, dll. Di luar waktu produktif tersebut, saya juga masih tetap berusaha produktif, dengan menyelesaikan to-do list yang tidak terlalu membutuhkan banyak perhatian, seperti follow up customer, chat dengan partner bisnis, promo melalui social media, dll…yang masih bisa diselesaikan dalam genggaman alias pakai smartphone.. :)

4. Cobalah untuk tidak menunda hal-hal untuk nanti

No excuse….jangan ntar2..begitu ya.. :). Nah tadi kan sudah dibuat top 5 list, yang Bunda perlukan adalah konsisten untuk menaatinya! Mungkin Bunda merasa perlu untuk menunda pekerjaan karena ada hambatan atau keterbatasan. Lebih baik segera temukan solusinya dengan bertanya kepada teman yang lebih tau dan atasi hambatannya. Tanpa solusi dan hanya menunda pekerjaan sama saja menumpuk nya di lain waktu/hari, ya kaaan? :)

5. Hindari ‘Time bandit’

Time bandit alias pencuri waktu. Apa/siapa saja bias lho mencuri waktu kita. Hal ini wajar dan tidak bisa kita hindari, karena kita juga manusia.
Contoh2 time bandit:
Telepon dari teman, ada tamu, anak rewel, dll, hal2 tak terduga/ tdk direncanakan yg membutuhkan waktu kita. Atau seperti yang sering saya alami ketika buka laptop, bukannya langsung mengerjakan to-do list malah ngelantur browsing atau tenggelam di socmed hehe…
Kita tdk bisa menghindari hal ini, tapi kita bisa meminimalkan agar tidak banyak waktu yang terbuang. Caranya?

IDENTIFIKASI apa kegiatan kita yang bias mengurangi waktu yang produktif. Misal, klo saya kan terlalu terlena saat browsing, bias buka2 yang ga penting kaya olshop mainan anak, baju2, hijab… hehe, maka sebelum buka laptop, saya buat dulu list apa saja yang mau saya kerjaan saat online atau pun saat bekerja dengan computer tanpa mengakses internet. Contohnya, no socmed saat ngurusin blog sampe slese. Hanya buka website yang mendukung aktifitas nge-blog. Klo blog  sudah beres, baru kemudian buka socmed untuk share tulisan dari blog kita. Itu saja sudah bisa mengefisienkan waktu banyak lho…beware..socmed ituu bikin kepoo dan kadang jadi keasyikan sendiri.. :P

6. Jangan lupa diri anda sendiri

Ketika Bunda membuat rencana, jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan waktu istirahat untuk diri sendiri yaa. Selama waktu me time ini, pastikan bahwa Bunda benar-benar berhenti dari pekerjaan, santai, dan isi ulang baterai Bun... alias me-recharge tenaga hehe…Jika diperlukan cobalah untuk tidur selama setengah jam dan selama waktu itu lakukan sesuatu yang  disukai dan membuat Bunda tenang… misalkan manicure, pake foot scrub, pasang aroma therapy, mendengarkan music favorit…dan sebagainya.  Setengah jam memang tidak membuat perbedaan dalam tidur Bunda, tetapi dapat memberikan kepuasan dan mempersiapkan diri untuk lebih baik di hari berikutnya. Beri penghargaan untuk diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan yang melelahkan.

Sekian tips nya, semoga bermanfaat…
Times is yours…
Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengatur waktu agar lebih efisien dan produktif!

Salam Bunda Hebat! ;)

1 komentar: